09/03/2024

Waktu Indonesia Rasan-rasan

Oke, kali ini saya akan rasan-rasan tentang beberapa hal. Masih ingat postingan saya berjudul Traffic yang aneh? Sebelum tulisan itu publish, blog ini dikunjungi oleh banyak pengunjung dari Israel. Saya tidak tau apakah wajar blog saya yang isinya biasa saja tidak membahas masalah serangan, bantuan kemanusiaan, atau bahkan boikot produk-produk berafiliasi dengan Israel membuat mereka datang ke sini. 

Sebelum kunjungan ratusan visitor dari negara tersebut, saya memosting tulisan berjudul DPK yang pada awalnya terdapat beberapa kata "Indonesia" lalu saya edit dengan kata WNI setelah adanya kunjungan tak terduga itu. Pertanyaannya adalah apakah kata "Indonesia" sangat sensitif dan mudah ditemui dalam google sebagai salah satu search engine populer? kenapa?

Kemudian saya mencoba mencari negara Palestina dalam Google map dan hasilnya tidak ada. Malah di peta tertulis negara Israel. Jelas saja Google mendukung Israel daripada Palestina. Dengan demikian pengunjung dengan label negara Israel bisa jadi berasal dari Palestina. Pertanyaan lain yang muncul adalah 'Apakah ada akses internet dari negara yang sedang repot diserang Israel?' Lalu, adakah produk pesaing Google sehingga saya bisa mengurangi ketergantungan saya atas Google?

Terakhir, saya mengaku amat kesulitan menyortir merk-merk dagang yang benar-benar tidak berafiliasi dengan Zionis. Barusan, saya terantuk pada reels seorang bule yang menggemari cokelat merk Silverqueen Indonesia. Ternyata ada komen yang mengejutkan saya. Ada komentator yang berpendapat bahwa cokelat tersebut kepemilikan sahamnya menguntungkan Zionis. Padahal saya hanya tau sebatas Cadburry, Delfi, tapi Silverqueen? Sungguh masalah boikot ini memerlukan waktu khusus untuk mencari orang-orang yang beneran meluangkan waktunya untuk menelisik saham-saham tertentu berasal dari mana lalu kemana arah keuntungannya, dsb. Tidak mudah, tapi yang jelas saya akan berusaha memilih produk lokal sebagai dukungan, agar sekecil apapun uang yang saya belanjakan tidak menjadi bahan untuk melukai sesama manusia dimanapun berada. 


NB: saya akan memperhatikan traffic kali ini.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)