20/03/2024

PPT

Tidak menyangka, beberapa waktu lalu viral masalah perburuan takjil. Tidak hanya warga muslim saja, tetapi warga non muslim juga suka "berburu" takjil. Mulai dari takjil yang dibagikan secara gratis oleh pihak-pihak tertentu, sampai sengaja mengantri membeli di pedagang-pedagang takjil. Sampai-sampai kejadian persaingan mendapatkan takjil ini memunculkan beragam parodi balas dendam atas perayaan agama lain. Misalnya parodi memborong telur saat mendekati hari raya paskah dan berharap para pemeluk agama tersebut terpaksa membeli kinderjoy sebagai ganti telur. 😁

Perkara takjil ini sebenarnya sesuatu yang menyenangkan untuk dibahas. Bila ada sebagian orang berkenan menyisihkan sebagian rejeki untuk berbagi takjil kepada masyarakat, maka tidak sedikit orang yang bersemangat menerima takjil gratisan. Saya pun pernah menerima takjil sejenis ini, khususnya saat saya kuliah dulu. Perjalanan pergi-pulang dari rumah ke kuliah membuat sebagian besar waktu saya habiskan di jalan. Akibatnya, saya sering menyambut tangan-tangan yang mengulurkan takjil di pinggir jalan sepanjang perjalanan Surabaya-Sidoarjo. Itupun tidak setiap jengkal ada orang yang menawari, dan saya juga tidak selalu menyambut tawaran --saya cukup sadar diri kalau sudah dapat cukup takjil.😆

Beda lagi saat saya berada di daerah minoritas dan tidak berada di negara sendiri. Berbuka di masjid kampus dan disambut komunitas muslim setempat merupakan hal yang sangat berharga sekali. Jangankan menemui orang-orang yang berkenan berbagi takjil di pinggir jalan, mencari makanan halal pun tidak semudah di sini, yang tinggal mampir pedagang kaki lima pinggir jalan sudah tersaji beragam pilihan jajanan dan makanan berat. Hal ini juga yang menyebabkan rasa eman bila melewatkan undangan acara buka bersama di KBRI. Teman-teman dan saya pasti akan senang hati menyambut acara ini. Makanannya halal, rasa masakannya sangat familiar, dan yang penting gratis!

Tanpa adanya berita viral tentang persaingan antar pemeluk agama yang berbeda, perkara takjil sudah sejak lama diburu oleh Para Pencari Takjil (PPT). Dulu, media sosial tidak se-update sekarang dan segala kejadian tidak terekspos secara cepat. Kalau dilihat-lihat... memang penjualan jajanan terasa bertambah variasi maupun jumlahnya saat bulan ramadan. Selamat berburu takjil dengan baik, semoga keinginan untuk berbagi takjil juga tumbuh dengan baik di bulan ramadan kali ini. 😄

Bukan Takjil Gratis 😊


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)