12/02/2024

ABM

Pagi ini, rilislah kabar resmi tentang adanya Asesmen Bakat dan Minat (ABM) untuk siswa/i yang duduk di bangku kelas 9 (Semester 6 dan semester 4 percepatan*). Di sekolah kami, acara ini berlangsung dari tanggal 19 - 23 dan 26 Februari 2024 dan bertempat di 3 lab komputer selama 2,5 jam per sesi. Yang artinya, masa studi mereka yang hanya sampai akhir Februari ini berkurang lagi 1 hari (per kelas) untuk kegiatan ABM. Setelah mengerjakan ABM, murid-murid boleh pulang tanpa ada pelajaran. Itu untuk muridnya, gurunya... lain lagi ceritanya. Mereka perlu mempersiapkan tugas untuk kelas-kelas yang ditinggal selama menjadi pengawas atau proktor.

Sebenarnya, asesmen ini terlihat menarik. Ada pengukuran terhadap bakat dan minat. Yang seingat saya selama berada di bangku sekolah dulu belum ada... saya hanya pernah ikut tes IQ itupun hasil perolehan skor dan deskripsi yang saya terima saat kelas 10 dan 12 adalah sama. Apakah karena hasilnya memang selalu konsisten? Atau itu hanya hasil pengukuran terhadap saya saja? Entahlah, saya kurang paham. 😀

Lalu seperti apa jenis soal-soal ABM? Apakah sama dengan soal-soal tes IQ yang pernah saya terima dulu?

Belum tahu. Yang jelas, saya tidak boleh memotret kondisi dalam kelas sambil posting story, "Hai Gaes, lagi jadi proktor nih di labkom.." plus selfi berlatar belakang murid-murid yang sedang ngerjain soal di depan komputer masing-masing, apalagi memotret soal-soalnya. Memang, sebisa mungkin ABM ini berjalan seperti saat ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Walau tidak menuntut siswa/i mendapat nilai tertentu, hanya saja... kerahasiaan soal tetap dijaga agar hasil pengukuran yang dilakukan terhadap bakat minat siswa/i yang menjadi peserta bisa benar-benar mencerminkan apa yang mereka punya. 

Singkat cerita, semoga ABM bisa benar-benar memberikan hasil yang bermanfaat bagi siswa/i kelas 9. Semoga ABM juga bisa memberikan harapan dan memangkas kegalauan mereka untuk sekadar memilih daftar SMA atau SMK nantinya.

*Sekolah kami mengikut sistem kredit semester, dan terdapat program percepatan belajar 2 tahun. Bila ada 3 tahun belajar di bangku sekolah, maka sekolah kami akan menyebutnya 6 semester. Jadi, ada siswa baru masuk di semester ganjil, dia akan disebut sebagai murid semester 1, kalau sudah memasuki semester genap... dia akan berada di semester 2. Mirip penyebutan semester di bangku kuliah. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)