23/02/2024

ABM 2

Alhamdulillah kegiatan ABM di sekolah saya sudah berlangsung selama 5 hari dan tugas "resmi" saya sebagai proktor di labkom 1 selesai hari ini. Tinggal 1 hari pelaksanaan ABM "resmi" pada tanggal 26, dan hanya dilaksanakan di Labkom 2. Saya dan rekan yang bertugas menjadi proktor di labkom 3 akan membantu murid-murid yang ingin menyusul ABM karena tidak hadir saat jadwal mereka seharusnya.

Sebenarnya tidak ada hal yang "mengerikan" sepanjang pelaksanaan ABM di labkom 1. Sebagian besar yang terjadi adalah kendala teknis yang berhubungan dengan sarana dan prasarana seperti browser ABM tiba-tiba error, keyboard atau mouse tidak berfungsi, dan internet putus di tengah pengerjaan. Berkat bantuan rekan-rekan yang bertugas sebagai teknisi, kendala-kendala seperti itu dapat teratasi dengan cepat. Bonusnya, saya ikut belajar bagaimana menghadapi ke-erorr-an yang ada setelah menangani kendala teknis tertentu, salah satu contohnya me-reset login para peserta saat komputer mereka nge-freeze dan perlu pindah ke komputer cadangan.

Selain kendala teknis, ada juga kejutan saat seorang murid merasa kesal atas tayangan soal yang tampil di monitor depannya. Dia merasa soalnya cepat berlalu. Memang tiap soal diberikan waktu untuk menjawab dan saat waktu habis, soal akan berganti secara otomatis walau peserta yang bersangkutan belum selesai menjawab.

Itulah sekilas kondisi saat ABM dari tanggal 19-22 Februari 2024. Sebagian murid mengerjakan dengan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, tapi ada juga yang tidak mampu bertahan ... lebih memilih segera menyelesaikan apa yang ada di depannya. Padahal, setelah satu peserta menyelesaikan ABM, dia harus menunggu seluruh peserta di dalam ruangan yang sama agar bisa keluar bersama-sama.

Kira-kira bagaimana kondisi di labkom yang lain? Kurang lebih kondisinya sama. Namun ternyata... tidak semua sekolah SMP mengadakan ABM. Misal di SMP tempat adik saya bekerja, tidak ada atau mungkin belum terdengar adanya persiapan ABM di sekolahnya.

Akhir kata, selamat menyambut akhir pekan. Sampai jumpa di tulisan lainnya. 😄

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)