03/06/2024

Review websites - Editing (Bahasa Indonesia)

Menjelang berakhirnya semester genap di akhir tahun ajaran 2023-2024, Tim GLS (Gerakan Literasi Sekolah) di sekolah kami memiliki rencana untuk publikasi hasil tulisan pentigraf murid dan guru. Ada yang diusahakan ber-ISBN dan ada yang dicetak biasa. Nah, sebelum dikirim ke percetakan, Tim GLS dengan pembagian tertentu, perlu mengecek keorisinilan dan ketikan karya yang akan dibukukan. Mumpung saya sedang dalam proses editing dan perlu membuka beberapa website tertentu, berikut ini saya bagikan beberapa website yang bisa membantu siapa saja mengecek ketikan tulisan berbahasa Indonesia. Mungkin, jumlah website akan bertambah sewaktu-waktu bila saya menemukan website yang sesuai.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pernah bingung perkara sepele untuk menentukan mana yang benar antara februari atau pebruari? Website KBBI adalah salah satu solusinya, solusi lain tentu saja bisa lewat googling langsung dengan cara mengetikkan kata-kata "februari vs pebruari" dan hasil pembahasan akan tampil dengan beragam pilihan. Berikut ini adalah KBBI Online yang bisa diakses (silakan klik link di bawah gambar berikut)

https://kbbi.web.id/

Bila ingin mengakses situs KBBI versi kemendikbud dan (biasanya) lebih update akan versi-versi terbarunya, silakan pilih saja website berikut.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/


Ejaan Yang disempurnakan

Untuk menentukan penulisan bahasa yang lebih teratur, diperlukan satu pedoman yang sesuai. Bila sebelumnya ada PUEBI, maka kali ini kita perlu menggunakan EYD Edisi Kelima.

https://ejaan.kemdikbud.go.id/



Sementara, beberapa website ini bisa menemani siapa saja yang sedang menyunting tulisan agar lebih enak dibaca dan lebih sesuai dengan aturan yang ada.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)