09/04/2024

The last day in ramadan

Mendengar kumandamg takbir di masjid sekeliling rumah, hawa-hawanya besok lebaran Idul Fitri akan berlangsung serentak, tidak ada perbedaan hari. Yang artinya, malam ini perlu berangkat ke rumah nenek untuk berkumpul dan berkeliling ke rumah kerabat dari jalur nenek. Agak lain memang tradisi di sini. Silaturahimnya dimulai sejak malam takbiran. Tentu saat lebarannya berbarengan. Bila berbeda, lain cerita. Akan dipilih malam takbiran yg hari rayanya lebih lambat. Maklum di keluarga dari garis nenek (ayah) ini warganya berasal dari 2 ormas Islam yang berbeda. 

Selain menandai waktu mulai bersilaturahim ke sanak kerabat, itu artinya saya perlu mempersiapkan mental. Semacam saya perlu menyiapkan hati dan lisan agar tidak menyerang siapa saja yang kata-katanya tertangkap telinga saya dan membuat saya tidak nyaman. Tidak mudah, tapi akan saya usahakan. 😄

Selamat berlebaran. Semoga segala amal ibadah kita selama Ramadan diterima oleh Allah SWT. 🤲🏻

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)