19/08/2024

Rasa tulisan

Kira-kira, apakah kalian bisa menentukan rasa dari suatu tulisan?

Sepertihalnya merasakan rasa sebuah masakan, rasa dari suatu tulisan ini enak-tidak enaknya juga terasa subyektif atau tergantung selera. Misal sebagian besar orang akan mengatakan suatu buku isinya bagus atau enak dicerna, bisa jadi tidak demikian menurut saya. Lebih-lebih bila keilmuan saya tidak mencukupi untuk memahami tulisan dalam buku tersebut.

Nahasnya, saya mendapati kesulitan mencerna isi buku tertentu untuk mengajar mapel baru. Waktu mengajar materi ini pun tinggal beberapa menit lagi. Maaf ya, saya lebay, tapi beneran menguji nyali. 😆

Yang jelas, saya melakukan beberapa hal berikut untuk mendorong peserta didik mau mengeksplor materi tertentu dari satu buku (tanpa searching google):

  1. Saya perlu membaca seluruh materi dalam buku tersebut (buku yang dimiliki peserta didik). Walau saya tidak mudah mencerna isi buku, saya harus menghabiskan seluruh bacaan yang ditujukan untuk peserta didik. Tidak ada istilah 'Did not finish' atau DNF untuk bacaan demikian.
  2. Sambil membaca, perlu menemukan kata kunci atau hal penting dari sekian halaman yang telah ditentukan.
  3. Saya membuat 5-10 pertanyaan yang mengandung kata kunci 
  4. Pertanyaan yang saya buat ini, saya dikte-kan kepada peserta didik agar mereka menulis dan mencari jawabannya pada buku paket mereka. Kegiatan ini berfungsi bisa digunakan untuk mendorong mereka membaca, menemukan, dan menuliskan jawabannya pada buku catatan mereka.
  5. Saat penyamaan jawaban, saya tawarkan kepada peserta didik yang sudah menemukan jawabannya. Biasanya ada beberapa murid yang bersemangat mengangkat tangan. Tentu perlu pembatasan dan kesempatan untuk murid-murid lainnya, yang berwajah putus asa antara ingin menjawab sekaligus takut jawabannya salah. Padahal saya tidak menggigit mereka yang punya jawaban salah.

Sekian kegiatan sederhana bersama sekian puluh peserta didik secara "tradisional" untuk menggerakkan saya dan peserta didik saya dalam membaca tulisan yang saya nilai tidak enak. Bila ingin kegiatan yang lebih kekinian, tentu kerja kelompok lebih banyak dipakai untuk bahasan lain yang lebih sesuai.😆

_______
Updated on 19/09/24 18:25

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)