25/07/2024

Pembinaan karakter

Senin sampai rabu kemarin, ada kegiatan Character Building Camp (CBC) di Lanudal untuk murid-murid baru di sekolah tempat saya mengajar. Kegiatan yang terbagi atas dua gelombang, masing-masing gelombang terdiri atas satu setengah hari kegiatan. Pelatih atau narasumbernya adalah beberapa tentara AL yang mengajarkan bagaimana baris-berbaris, kerja sama tim, wawasan puspenerbal, serta mengunjungi beberapa fasilitas Lanudal seperti Museum dan Hanggar pesawat.

Sebagai orang yang sudah ikut dua kali acara ini sebagai pendamping murid di gelombang pertama, saya menemukan beberapa perbedaan antara CBC perdana (tahun lalu) dengan CBC kali ini. Yang jelas, CBC kali ini lebih ramah anak dan tidak menyebabkan seorang pun murid ingin pulang di saat kegiatan masih berlangsung. Fasilitas dalam Lanudal pun juga bertambah, ada monumen untuk mengenang para penerbang lengkap dengan taman berisi beberapa body pesawat dan helikopter lama yang sudah dikunci (tidak bisa dibuka) sebagai sarana wisata masyarakat.

Saat kedatangan awal di area Lanudal Juanda

Para murid dipandu untuk memasuki tenda menginap. Siswa dipisah dari siswi

Sebelum memasuki museum

Para guru diajak berkeliling bagian museum pesawat


Murid-murid sedang mendapat wawasan purpenerbal



Murid-murid yang aktif menjawab diberi hadiah mainan berbentuk helikopter/pesawat


Beberapa kegiatan lain seperti makan, kegiatan outbond, apel malam, senam sehabis sholat shubuh, dan keliling fasilitas Lanudal tidak saya dokumentasikan.  Singkat cerita, pengalaman para siswa menginap semalam di tenda dalam area Lanudal tentu berbeda rasanya dengan tidur di rumah yang nyaman tanpa dikelilingi orang-orang yang terbiasa disiplin tinggi. 

Updated: 26/07/2024



No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)