20/01/2024

Aplikasi Blogger

Kemarin saya iseng mencari apakah ada aplikasi Blogger di play store, dan ternyata... Ada! Secara tampilan, aplikasi ini punya fitur-fitur sederhana dan "memadai" untuk sekadar posting saat perjalanan atau tidak membawa laptop. Cukup berbekal smartphone, jaringan internet, dan tentu saja ide/hal yang ingin dituliskan ... siapa saja bisa memosting tulisan di blogspot mereka.

Tampilan awal sebelum masuk dashboard menu blogspot.

Tampilan setelah log in akun blogspot akan ada 3 tabs seperti pada gambar di atas.


Tampilan saat ingin membuat postingan setelah memilih icon pensil di bagian kanan bawah layar. Bila sudah selesai mengetik dan segera mempublish tulisan, pilih gambar pesawat kertas di bagian kanan atas.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini merupakan fitur dasar untuk membuat satu postingan. Tidak ada page break bila ingin "memenggal" tulisan dan memunculkan tulisan 'klik di sini'. Pengaturan paragraf juga hanya terbatas pada rata kiri saja. 

Bila ingin melihat perbandingan postingan yang diketik lewat website vs aplikasi Blogger, silakan membandingkan hasilnya pada tulisan saya berjudul Comeback (diketik lewat website blogspot/blogger) dan Long life learner (diketik lewat aplikasi). 

Walau saya masih belum menemukan bagaimana cara mengecek statistik pengunjung blog dan beberapa fitur penting lainnya, aplikasi ini bisa mendorong meningkatkan keinginan akan memosting sesuatu secara lebih cepat. Harapan saya, aplikasi ini bisa membantu saya meminimalkan jumlah tulisan yang 'mangkrak' pada note hp. 😁 

Nah, ingin mencoba menulis blog lewat aplikasi Blogger juga? Silakan mencoba kemudahannya. 

Update: 12/0202024
Sejak menggunakan aplikasi ini, saya merasa tidak bisa mengatur besar kecil tampilan foto yang diunggah ke blog. Bahkan pagi ini, saat saya mencoba mengupload foto landscape atau posisi horizontal, ukuran foto tidak menyesuaikan lebar kolom postingan alias melebar dan memenuhi layout blog. Dengan kata lain, versi website lebih mampu menawarkan pengaturan tampilan foto daripada versi aplikasi. Tentu, bila ingin memosting blog berupa tulisan saja... aplikasi blogger sudah sangat mencukupi untuk memenuhi kebutuhan posting dimanapun kalian berada.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)