05/07/2020

Masih aktif menulis

Halo, hampir setahun tidak memosting satu tulisan pun di blog ini. Kurang yakin juga ada pembaca yang masih menanti update dari blog ini. Bertambah hari, beragam jenis  media sosial bermunculan dan saya semakin menyadari bahwa memelihara lebih dari satu media sosial bukanlah hal yang mudah. Lebih-lebih sekarang ini, membaca kalimat pendek dan bahasan ringan agaknya lebih nyaman dibanding membaca kalimat yang panjang dan bahasan yang kurang berkaitan langsung dengan kebutuhan sehari-hari. Menurut saya, media sosial seperti twitter, facebook, dan bahkan instagram lebih menarik dibanding blog. Feedback di ketiga media tersebut juga lebih cepat didapatkan para pengunjung daripada di blog. :)

Selanjutnya, kalau ada yang penasaran apakah saya masih 'menulis'? Ya, saya masih menulis. Saya aktif menggunakan media sosial instagram sebagai sarana menulis. Saya sering menulis review buku yang saya baca di akun alfathfr. Review saya tanpa pakem ketat. Sebisa mungkin saya menghubungkan review dengan buku lain, atau bahkan dengan peristiwa yang pernah terjadi. Tentu, saya masih belajar menulis dari reviewer lain yang lebih berpengalaman. Lewat instagram juga, saya bertemu banyak bookstagrammer yang secara tidak langsung mendorong saya untuk me-upgrade kemampuan fotografi, khususnya flatlay.

Ngomong-ngomong tentang kegiatan menulis, ternyata menerbitkan buku tidak bisa dibilang mudah. Sepertihalnya menunggu artikel dimuat dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi, menunggu kumpulan tulisan diterbitkan dalam bentuk antologi juga tidak bisa cepat. Seingat saya, menunggu keputusan 'dimuat atau tidak' suatu artikel memerlukan waktu 6-12 bulan. Begitu juga menerbitkan buku di penerbitan indie. Lebih-lebih jika penerbitan indie tersebut mempunyai permasalahan internal, lebih dari satu tahun saya dan rekan-rekan kontributor menulis '30 Hari Selama Ramadan 1440 H' (Ramadan tahun 2019) menanti kepastian kapan diterbitkannya buku antologi kami. Sehubungan dengan hal ini, saya meminta maaf kepada beberapa orang yang turut menanti kapan terbitnya buku saya. Saya masih optimis penerbitan yang bersangkutan akan menerbitkan karya kami walaupun tidak tepat waktu.

 Akhir kata, bila ingin bertegur sapa atau sekedar bertukar kata dengan saya...silakan kunjungi akun instagram saya. Selamat beraktivitas :)


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)