26/05/2015

Semua ada masanya

Sekarang, keuntungan berlipat sedang menghampiri para tukang batu yang bertahun-tahun berupah sangat minim. Apalagi kalau bukan karena harga jual batu akik yang menjulang tinggi. Bukan hanya pedagang perhiasan batu atau tukang batu yang menekuni jual beli batu akik ini. Mulai dari artis sampai orang-orang dengan pekerjaan tetap turut melebarkan sayap mereka untuk ‘bermain’ di bidang perbatuan. Bermodalkan keyakinan besar batu ini begitu bersinar di masyarakat, tidak sedikit kita jumpai orang-orang berburu ke gunung dan sungai demi mendapatkan batu yang indah. Sungguh, demam batu akik telah melanda negeri ini.

Dulu, salah satu kerabat saya pernah kehilangan sebuah tanaman mawar jambe yang tingginya kurang dari satu meter. Ia pun tidak tahu mengapa tanaman yang ia rawat beberapa tahun hilang
Putri Malu
source: click here
tercongkel dari tanah halaman rumahnya. Usut punya usut, harga tanaman tersebut melambung tinggi di pasaran.  Itu lah mengapa tanaman tersebut menjadi incaran pencuri saat itu. Beberapa tahun kemudian, jenis tanaman yang memiliki daya tarik mulai berganti. Entah bunga Akorbia atau bahkan tanaman bernama Gelombang Cinta, semua memiliki “masa kejayaan” sendiri-sendiri, tak pernah bersamaan. Tak hanya tanaman bunga yang pernah menjadi ‘status’ dalam masyarakat. Beberapa jenis ikan semacam arwana dan cupang juga turut mewarnai jagad perdagangan tanah air karena hal-hal keyakinan yang dibawa oleh ikan-ikan tersebut terhadap pemiliknya. Karena kita tidak tahu apa yang akan popular di masa depan, jangan buang hal-hal yang teman-teman punya saat ini. Mungkin suatu saat nanti, bunga putri malu menjadi langka dan berharga mahal incaran banyak orang karena pada waktu itu sudah banyak terinjak bangunan-bangunan baru sampai-sampai tak ada lahan untuk dia hidup secara liar. Tidak buruk rupanya, bisa jadi kita siapkan pot dari sekarang dan merawat si putri malu untuk simpanan masa depan. haha.

Old vs New phone
source here
Hal lain yang tiap waktu mengalami perkembangan secara cepat adalah teknologi telepon genggam. Perubahan sederhana semacam fasilitas mengirim pesan, komunikasi dua arah lewat suara, dan beberapa ponsel yang mendukung video call bukan menjadi hal yang tidak mungkin. Daya tarik tambahan tak lagi sekedar ringtone jenis monophonic atau  polyphonic, tapi sudah mendukung lagu mp3. Layanan tambahan fungsi dasar meliputi internet, radio, kamera, mp3/mp4 player telah menjadi standar dasar telepon genggam smartphone low end saat ini. Tambahan lain? Beragam aplikasi telah mengantri ingin segera diinstal pada tiap ponsel terbaru yang dijual dipasaran. Bagaimana dengan tampilan? Ponsel sekarang didominasi oleh touchscreen…. Bahkan berhasil menggeser peminat qwerty beralih. Belum lagi ponsel yang berbentuk arloji bak detective conan itu. Wah.. mungkin tidak lama lagi kacamata Conan juga bisa muncul di pasaran. Pertanyaannya… yakin mau beli?

Terkadang, kepuasan adalah segalanya. Bisa diakui karena memiliki gelar fashionable dan up to date membuat seseorang merasa percaya diri bersosialisasi. Namun perlu berhati-hati ya… tak selamanya nilai suatu barang bertahan selamanya. Pilih lah sesuatu dengan pertimbangan yang matang agar tak menyesal di kemudian hari. Bisa jadi itu nanti akan menjadi kenangan yang bisa diceritakan kepada anak cucu, “ini dulu mahal lho nak”. Sayangnya, bisa jadi anak muda masa depan nanti menjawab, “itu kan dulu… sekarang enggak”.

2 comments:

  1. Benar juga ya, Mel. Semua ada masanya. Sekarang jaman gadget gak ada satu anak pun yang lepas dari depan layar gadget. Kalo jaman kita dulu main pake batu buat mainan engklek berarti kita manusia jaman batu ya namanya wekekeke. Btw, model kacatamanta Conan udah ada, cuma bukan berupa kacamata alias GPS hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rin, balita aja maenya gadget, ga kenal engklek... jaman batu??oh tidak!!!! wkwk.. punya ta rin kacamata e? aku pinjam boleh? :D

      Delete

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)