19/04/2018

Tempat Tes Bahasa Inggris di Surabaya


Beberapa minggu yang lalu, adik saya akan melamar suatu posisi pekerjaan di suatu kota tertentu. Ternyata, salah satu persyaratannya menyebutkan bahwa pelamar perlu melampirkan hasil tes bahasa Inggris dengan skor tertentu dari lembaga bahasa yang kredibel. Lalu, setelah mengetahui permintaan yang ada, adik saya mengajak saya untuk menemaninya mencari tempat tes bahasa Inggris di Surabaya.

Sebenarnya, kalau instansi yang membuka lowongan pekerjaan tersebut tidak meminta tempat tes secara spesifik, kita bisa dengan mudah menemukan tempat tes bahasa Inggris di sekitar kita. Dengan catatan, tempat penyelenggara tes sudah memiliki reputasi yang terpercaya. Namun bila pihak yang membuka lowongan meminta calon pelamar untuk melampirkan hasil tes dari lembaga tertentu, itu beda lagi ceritanya.

Kemudian, tempat apa saja yang bisa kita kunjungi untuk mendapatkan hasil tes bahasa Inggris? Sementara ini, saya bisa menyarankan dua tempat untuk dikunjungi. Yang pertama adalah pusat bahasa dari suatu universitas. Tentu saja, kita perlu memastikan pusat bahasa yang kita tuju mau menerima peserta tes dari jalur umum; jalur untuk selain mahasiswa dan karyawan dari universitas tersebut. Kedua, kita bisa mengunjungi tempat-tempat kursus bahasa Inggris yang terpercaya.

Beberapa universitas negeri dan swasta di Surabaya memiliki pusat bahasa di kampus masing-masing. Saya belum bisa memastikan apakah setiap kampus di Surabaya melayani masyarakat umum untuk mengambil tes di tempat mereka. Hanya saja... saya pernah berkunjung dan memastikan beberapa kampus berikut mau menerima masyarakat umum sebagai peserta tes.


Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Kampus ini memiliki gedung pusat bahasa yang menyelenggarakan tempat tes bahasa Inggris baik untuk warga universitas tersebut, maupun untuk masyarakat umum. Pendaftaran dilakukan secara online setelah membuat akun di website pusat bahasa dan perlu membeli token terlebih dahulu sebelum memilih jadwal ujian. Nomor token dapat diperoleh calon peserta setelah membayar via teller Bank BTN atau transfer via ATM. Calon peserta akan mengetahui nomor rekening tujuan setelah membuat akun.

Pendaftaran online (membeli token dan memilih jadwal) bisa dilakukan paling lambat sehari sebelum ujian dilaksanakan pada saat jam kerja. Pusat bahasa di kampus ini, calon peserta tes bahasa Inggris tidak perlu mendatangi staff, hanya mengakses secara online laman pusat bahasa. Bagi calon peserta tes bahasa Inggris ITP, perlu mendatangi staff pusat bahasa seperti pada penjelasan dalam web ini.






Universitas Airlangga (Unair)

Kampus negeri lain yang menerima masyarakat umum sebagai peserta tes adalah pusat bahasa Unair. Terdapat beberapa karyawan di front desk pusat bahasa, memudahkan masyarakat umum untuk bertanya-tanya terlebih dahulu tentang bermacam tes yang bisa diikuti, biaya, dan jadwal ujian yang bisa dipilih. Pembayaran bisa dilakukan di tempat dan saat itu juga. Calon peserta juga perlu membuat akun di laman pusat bahasa Unair terlebih dahulu.





Institut Teknologi Surabaya (ITS)

Kampus satu ini juga menerima peserta dari masyarakat umum. Uniknya, peserta dari warga umum dan warga kampus ITS tidak melaksanakan tes pada waktu dan kelas yang sama. Tidak seperti dua kampus sebelumnya, pusat bahasa ITS menerapkan jadwal berbeda untuk peserta yang berasal dari masyarakat umum. Calon peserta bisa membayar biaya ujian dan memesan jadwal langsung di tempat. Ingin menyimak info terkini layanan bahasa di kampus ini? Bisa klik di sini.





Universitas Surabaya (Ubaya)

Berada di area Trenggilis dan berdekatan dengan Transmart Rungkut, kampus swasta ini menerima calon peserta tes bahasa Inggris dari kalangan masyarakat umum. Khusus di kampus ini, calon peserta tes bahasa Inggris perlu menentukan tes jenis apa yang ingin mereka ambil sebelum melangkahkan kaki ke area kampus. Hal ini dikarenakan gedung yang digunakan untuk tes bahasa Inggris TOEFL “biasa” berbeda dengan tes yang ditujukan untuk level internasional.

Pada kampus-kampus sebelumnya, calon peserta dari jalur manapun bisa memilih mengikuti ujian tes bahasa Inggris biasa atau tes bahasa Inggris level internasional bertempat di gedung yang sama. Yang berbeda hanya jadwal dan biaya ujian. Sedangkan di kampus Ubaya, calon peserta yang ingin mengambil tes bahasa Inggris (misal TOEFL ITP) untuk tujuan melamar beasiswa ke luar negeri atau keperluan lain, perlu mendatangi gedung HI atau International Village. Calon peserta yang ingin mengambil tes bahasa Inggris untuk keperluan dalam negeri saja, bisa menuju gedung kantin di balik fakultas psikologi, dan langsung naik via tangga atau lift sampai ke lantai 4. Di lantai itulah tempat pendaftaran tes dan pelaksanaan tes bahasa Inggris berada.







Tempat kursus bahasa Inggris di Surabaya

Selain beberapa pusat bahasa universitas di atas, kemungkinan lain yang bisa diambil untuk mengikuti tes bahasa Inggris adalah tempat kursus bahasa Inggris. Ada IALF yang menyelenggarakan tes IELTS baik untuk siswa kursus maupun masyarakat umum. Hasil tes yang ada berlaku untuk dua tahun dan dapat digunakan untuk melamar beasiswa kuliah atau kerja di negara lain. Lalu saya pernah mendapati Kaplan Edupac yang pernah memberikan informasi penyelenggaraan tes TOEFL ITP saat workshop High Education Fair. Serta beberapa tempat lain yang bisa teman-teman coba cari di tempat terdekat kalian.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)