26/03/2018

Matematika dalam Bacaan Fiksi


sumber gambar
Bacaan fiksi terlihat lebih menarik daripada bacaan nonfiksi. Tengok saja para pembaca buku di Instagram atau bookstagrammer , mereka lebih sering memposting buku bergenre fiksi daripada nonfiksi. Entah itu bacaan bertema petualangan, fantasi, misteri, atau jenis lainnya. Cerita rekaan di luar kehidupan nyata – atau mirip kehidupan nyata – nampaknya bisa menarik banyak pembaca dibandingkan paparan teks yang menjemukan dalam buku-buku nonfiksi. Pun tidak sedikit pembaca yang menjadikan bacaan fiksi untuk rehat dari kesibukan sehari-hari.

Kemudian, apakah pelarian pembaca ke dunia ‘tak sebenarnya’ dalam cerita-cerita fiksi ini tidak bermanfaat? Perlu studi lebih lanjut untuk membahas ini. Apalagi ketika pendapat saya tentang bacaan fiksi tidak bermanfaat bukanlah sesuatu yang bisa dibenarkan. Ada beberapa orang meyakinkan saya bahwa bacaan fiksi mampu mengasah imajinasi atau kemampuan pada otak kanan manusia. Sebagian lagi berujar bahwa dengan membaca cerita fiksi, kegiatan ini bisa memperkaya kosa kata pembacanya, belajar mengetahui alur dan keruntutan cerita, serta dapat mengambil pelajaran tertentu dari cerita. Tentu, pembaca perlu melahap banyak buku terlebih dahulu untuk mengambil manfaat yang terakhir.

Sehubungan dengan tingginya minat pembaca terhadap bacaan fiksi, saya cukup penasaran atas keberadaan topik-topik ‘berat’ yang dimuat  dalam bacaan-bacaan fiksi tersebut. Besar kemungkinan bahwa para pembaca lebih mudah menyerap beberapa konten ‘berat’ dalam bacaan fiksi daripada bacaan nonfiksi. Salah satu topik 'berat' seperti matematika misalnya, pembaca tidak melulu menemukan rumus dalam bacaan jenis ini. Beberapa aplikasi dalam keseharian atau bahasan tentang tokoh-tokoh yang terlibat dalam bidang matematika ternyata bisa ditemukan dalam bacaan fiksi.
sumber gambar

Akhir-akhir ini, saya berupaya untuk mengumpulkan bacaan fiksi yang sedikit banyak menyinggung topik  matematika. Jenis bacaan yang mampu digunakan guru dan siswa untuk mengenal matematika lebih banyak melalui bacaan fiksi. Apalagi bacaan tersebut ditujukan untuk segala pembaca dengan latar belakang keilmuan yang beragam. Penulis pasti berusaha agar cerita-cerita tersebut dapat dicerna dengan mudah oleh para pembacanya.

Lalu, apa saja bacaan fiksi yang menyinggung matematika di dalamnya? Sementara, saya baru berhasil mengumpulkan dua buku fiksi yang masuk dalam kategori ini yaitu The Housekeeper &Professor dan Teka-Teki Terakhir. Penasaran tentang bahasan apa saja dalam bacaan tersebut? Jangan ragu untuk mencoba membaca buku-buku tersebut.

Nah, kira-kira … adakah bacaan fiksi yang berkaitan dengan topik matematika yang pernah kalian baca? Jangan ragu untuk menuliskan judul buku di kolom komentar ya… Saya akan mengecek dan membaca buku tersebut suatu hari nanti. :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)