01/06/2016

H O A X


Sering kali kita mendengar berita yang menarik atau mengkhawatirkan, lalu berupaya mengkonfirmasi kebenaran itu pada pihak lain (bukan pihak utama) dan mendapat balasan kalau kabar tersebut adalah hoax. Lalu apa langkah selanjutnya? Apakah kita perlu menelan respon tersebut secara langsung? Langsung percaya bahwa itu benar-benar hoax? Emang Hoax itu apa sih? 

Menurut beberapa kamus online, hoax mempunyai arti sebagai berikut,

(1) Hoax (n) A humorous or malicious deception: 'the evidence had been planted as part of an elaborate hoax'; (tr.v) Trick or deceive (someone) 

(2) Hoax (n) a plan to deceive someone, such as telling the police there is a bomb somewhere when there is not one, or a trick: 'The bomb threat turned out to be a hoax'; (tr.v) to deceive, especially by playing a trick on someone

(3) Hoax (n)
1. An act intended to deceive or trick.
2. Something that has been established or accepted by fraudulent means;
(tr.v). To deceive or cheat by using a hoax
 
Nah dari beberapa arti yang ada, Kita perlu meragukan kebenaran berita yang mendapat respon 'hoax'. Bisa jadi berita itu sekedar candaan, atau bahkan berita yang bertujuan untuk menipu sekelompok orang atau individu tertentu agar mendapat reaksi yang diinginkan oleh pembuat berita.

Lalu apa kita perlu langsung percaya kalau suatu berita berlabel hoax? Tentu saja jawabannya TIDAK. Justru dengan adanya respon hoax itu, kita perlu mengecek kebenaran informasi yang beredar. Apakah benar informasi tersebut dibuat dari pihak yang tidak bertanggung jawab? Atau, jangan-jangan… informasi yang beredar memang sudah benar, tapi ada pihak lain yang ingin mencegah masyarakat untuk menerima kebenaran informasi tersebut.

Mari budayakan mengecek kebenaran sampai ke akarnya. Andai usia kita tidak mencukupi untuk menemukan kebenaran yang ingin kita cari, paling tidak… kita sudah peduli terhadap diri sendiri dan orang terdekat untuk menghargai kebenaran. Berita yag tidak benar erat kaitannya dengan timbulnya fitnah. Akan ada pihak-pihak yang tersakiti bila kita mempercayai dan menyebarkan berita yang tidak benar. Bukankah fitnah lebih kejam daripada pembunuhan? :)




 Keterangan
(1) http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/hoax 
(2) http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/hoax
(3) http://www.thefreedictionary.com/hoax

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)