04/07/2014

Meteran listrik prabayar

Akhir-akhir ini, sebagian pelanggan layanan listrik negara atau biasa kita kenal dengan PLN, telah menjadi pengguna listrik prabayar. Tidak hanya pelanggan baru yang pertama kali memasang alat meter listrik pada rumah/bangunannya, tetapi sebagian pelanggan lama bisa beralih menjadi pelanggan listrik prabayar. Tentu saja tindakan pengajuan peralihan ini diikuti dengan penggantian 'alat meter listrik' yang digunakan, mengganti meter listrik pasca bayar menjadi meter listrik pra bayar. Sesuai nama yang saya sebutkan, kedua alat meter tersebut mempunyai perbedaan tampilan pada tersedia atau tidak-nya 'keypad' atau tombol angka untuk mengetikkan nomor token listrik.

alat meter listrik
Nah, salah satu permasalahan yang timbul dari penggunaan 'alat meter listrik' prabayar ini adalah bunyi yang dihasilkan alat ini ketika pulsa yang tersedia menipis. Kira-kira ini terjadi ketika angka 4 'terdisplay' pada layar. Kemudian lampu indikator berwarna merah juga berkedip-kedip. Memang tidak seluruh alat meter listrik tiap pengguna listrik prabayar akan menghasilkan bunyi dalam kondisi tersebut (sesuai edisi keluaran waktu tertentu, dan mungkin jenis tertentu), alat tersebut mampu menghasilkan bunyi yang cukup mengganggu istirahat tetangga dekat rumah kita. Tentu saja cara yang paling benar untuk menghentikan bunyi tersebut adalah dengan mengetikkan token baru pada alat tersebut. Namun jika kondisi kita tidak memungkinkan untuk membeli token saat itu juga, ada satu cara yang bisa saya bagi di sini.



Merujuk pada gambar yang ada, kita dapat menemukan tombol berwarna merah dengan tanda panah yang berfungsi seperti tanda 'enter' pada keyboard PC/Laptop. Nah, ketika persediaan pulsa menipis, dan alat ini mengeluarkan bunyi "tit...tit...tit...tit...tit..." yang tidak terlalu pelan, maka segera tekan saja tombol merah tersebut. Seketika, bunyi pun berhenti dan kita bisa beristirahat, atau segera membeli token listrik yang baru. Selamat mencoba.

2 comments:

  1. belum pernah menggunakan nih, maklum masih menggunakan pasca bayar. tapi bisa juga di infokan teman2 yg baru "membeli" listrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan,,,
      salah satu keunggulan berlangganan listrik pra bayar adalah tidak dikenakan biaya abonemen. sepertihalnya pake ponsel, hanya perlu pulsa sebesar keperluan tanpa biaya beban (biaya beban/abonemen wajib dikenakan pada pelanggan telepon kabel rumah)

      Delete

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)