24/12/2012

Pasar Wismilak


Bingung mau beli apa? :)
Bingung belanja kebutuhan “mendesak”, tapi weekend belum juga datang? Wah, saya punya cerita tentang pasar nih. Yap, salah satu hiburan di tengah “hari kerja” adalah mengunjungi Pasar Kamis di sore hari. Bertempat di desa tetangga - desa KarangBong, sekitar sepuluh menit bersepeda motor dari rumah saya, aneka kebutuhan warga dapat dijumpai di pasar ini. Mulai sayur, buah, makanan dan jajan pasar, sampai pakaian ada di sini. Bahkan ketika menemukan kaos atau celana panjang di antara koleksi dagangan penjual di sini, cukup membuat pengunjung merasa tidak perlu jauh-jauh ke pusat kota atau toko modern demi mendapatkan sesuatu yang layak dipakai dengan harga terjangkau.



Salah satu pedagang sayur

Konon katanya, pasar ini ada karena pada hari Kamis karyawan pabrik Wismilak sedang gajian. Mengapa berkaitan dengan karyawan pabrik Wismilak? Karena pasar ini digelar dipelataran tanah beraspal milik pabrik tersebut. Selang beberapa tahun kemudian, pengunjung pasar ini pun tidak hanya karyawan pabrik wismilak tetapi juga warga desa setempat dan juga warga desa tetangga. Beberapa pelataran rumah warga dekat lokasi pun ‘disulap’ menjadi tempat penitipan sepeda/motor untuk pengunjung. Asyik kan? Tidak perlu menuntun atau khawatir keamanan motor ketika kita memilih dan memilah barang yang menarik hati.

Ahli arloji
Mau ganti baterai arloji? Mencari jajanan pentol mulai dari berbahan dasar full kanji atau pentol daging? atau sekedar mencari wortel untuk dibuat sup di rumah? Teman-teman bisa mampir kemari kalau kebetulan melintasi desa ini di hari Kamis. Namun, pastikan cuaca 'bersahabat dan ramah' ketika teman-teman ingin mengunjungi pasar ini. Tidak perlu memaksakan diri ber-jas hujan atau berpayung ria karena pasar akan 'buyar' seketika bertepatan dengan berbunyinya 'alarm alam'. Wah apa itu? ketika angin berhembus cukup kencang, gumpalan awan hitam bergerak dari penjuru tertentu di langit, seketika itu juga para pedagang bersigap membenahi barang dagangannya. Berikut ini beberapa foto yang berhasil dijepret penulis ketika 'mampir' ke pasar ini.

Kuliner pentol daging

hai balon :D


Mau bergaya? Pilih saja yang menarik dan terjangkau ;)

Ini cerita saya, bagaimana dengan cerita teman-teman? :)

4 comments:

  1. hmm.... asyik juga nich pasar Wismilak, desa KarangBong itu daerah mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. KarangBong itu salah satu desa dalam kecamatan Gedangan. Jika Mbak Ambar pernah tahu Maspion II Sidoarjo, sebelah barat pabrik ini ada jalan masuk dekat interbat, kira-kira 0,5 km lokasi dari jalan raya.

      Delete
  2. Fotonya bagus mbak, kalau di jombang bukan pasar wismilak, tapi pasar Sampoerna, karena juga berada di depan pabrik rokok sampoerna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims, masih perlu banyak belajar+editnya :)
      Wah ada pasar dari pabrik rokok yang lain ya :D

      Delete

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)