04/08/2013

Persekitaran Kenjeran

Kemarin, saya berkesempatan lagi dengan sebagian keluarga dari ibu saya, jalan-jalan di salah satu lokasi di Surabaya. Sebenarnya, ini kesempatan kedua kami mengunjungi tempat ini sebelum lebaran. Karena ingin hunting beberapa jenis makanan berbahan dasar ikan, beberapa hari yang lalu kami berencana mengunjungi tempat yang telah kami kunjungi setahun yang lalu.

Lokasi yang kami kunjungi tidak jauh dari area Taman Kenjeran Baru dan Taman Kenjeran Lama. Arahkan kendaraan melewati Taman Kenjeran Baru sampai ke arah pemukiman penduduk yang sebagian warga nya bermata pencaharian sebagai pedagang makanan ringan olahan hasil laut. Kita bisa memilih berhenti di salah satu toko yang diinginkan untuk melihat-lihat camilan atau ikan kering yang dijual. Jika teman-teman sangat bersemangat untuk membandingkan harga produk tertentu di antara beberapa toko yang ada, cara ini boleh saja teman-teman lakukan. Namun, ada satu 'dugaan' yang kami lakukan setelah mendatangi beberapa toko tersebut. Semakin besar toko yang ada, dimana sang pedagang memiliki banyak karyawan, maka semakin mahal harga produk yang dijual. Berikut suasana yang tertangkap dan sekedar didokumentasikan lewat kamera ponsel.


jajaran krupuk yang dijemur di tepi jalan
Aneka camilan yang dijual di suatu toko


Nah, foto-foto di atas tersebut di ambil di toko-toko yang menjual camilan yang berbahan ikan seperti rengginang, lorjuk, amplang, dan bahkan beberapa camilan yang tidak terbuat dari ikan; seperti rambak dan keripik kentang. Camilan yang bisa disajikan saat lebaran di rumah. Teman-teman ingin mencicipi sebagian kudapan seperti yang ditampilkan dalam foto di atas? Silahkan mampir ke rumah saya :)

Perjalanan pun kami lanjutkan terus ke barat menuju arah Taman Kenjeran Lama. Beberapa meter melintasi Kenjeran Lama, kita bisa menemukan beberapa pedagang kupang lontong, dan segerombol pedagang ikan asap. Langsung saja, setelah kendaraan diparkir di bawah pohon yang teduh di pinggir jalan, kami mendekati para pedagang ikan asap tersebut. Kegiatan memilah dan memilih, disertai dengan kelihaian tawar-menawar, diperolehlah beberapa ikan sesuai dengan selera masing-masing dari kami. Ah, tidak jauh dari lokasi jual beli kami, sudah terlihat hamparan laut kenjeran lepas, yang tidak masuk dalam "Taman berbayar", sehingga cocok untuk sekedar melihat hamparan laut dan bebatuan di pinggirnya.


Yuk dipilih yang disukai :)

Ikan Dorang dan Gurami asap

Jajaran Ikan Pe, dan ikan tenggiri asap

Oke teman, jika ingin mengunjungi tempat-tempat yang 'melibatkan' jual beli ikan dan olahannya untuk dikonsumsi atau disajikan saat berhari-raya, daerah persekitaran kenjeran ini cocok untuk dikunjungi. Tempat lain yang pernah saya kunjungi selain tempat ini adalah daerah Kalanganyar Sedati Sidoarjo. Hanya saja bagi penggemar hasil olahan ikan seperti kerupuk dan camilan, Kalanganyar lebih terkenal dengan tempat pelelangan ikan nya, sehingga ikan segar dan rumah makan yang menjual masakan ikan, tambak dan pemancingan, lebih mendominasi lokasi ini. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)