02/09/2011

Persiapan ke luar negeri

Persiapan perlu dilakukan sebelum berkunjung ke negara lain, terlebih untuk teman-teman yang akan menetap dalam beberapa waktu tertentu. Buatlah catatan apa-apa saja yang teman-teman perlukan selama berada dalam rentang kunjungan. Jangan lupa untuk menyertakan surat-surat dan dokumen resmi yang diperlukan.

Akses website berkaitan dengan peraturan negara yang akan dikunjungi. Contoh: sebelum berangkat ke Perth, paling tidak teman-teman perlu mengakses http://www.daff.gov.au/aqis/travel/entering-australia/cant-take

Prediksi dan pantau musim yg terjadi di negara tujuan agar membawa pakaian sesuai musim. Jika musim dingin, teman-teman perlu membawa: lotion/pelembab, serta peralatan yg mungkin dibutuhkan seperti payung, jas hujan (saya rekomendasikan untuk daerah dengan angin berkecepatan cukup tinggi, karena payung akan mudah diluluhlantakkan oleh angin), jacket tebal, kaos kaki, sarung tangan, syal dan penutup kepala, sandal, dan mungkin kacamata hitam.

Mengenai bahan makanan, declare dan usahakan tidak membawa yang dilarang. Namun saran saya, jika teman-teman mau mengambil resiko apapun yang terjadi, itu lebih baik. Misalkan membawa makanan yang home made (bukan olahan daging, karena ada negara yang tidak memperbolehkan olahan daging masuk negara tersebut) upayakan membuat teks yang ditempel di kemasan makanan tersebut. Ketiklah ingredient, perkiraan kuantitasnya, dan expired date dari makanan tersebut. Tulislah mereka in English. Jika petugas bandara tidak berkenan untuk meloloskan beberapa bawaan, relakan saja mereka untuk disita. Namun, karena kondisi suatu negara bisa merubah kebijakan mereka sewaktu-waktu, maka pengunjung pun tidak akan pernah tahu kalau tahun ini beberapa barang bawaan dilarang dan mungkin saja tahun berikutnya barang bawaan yang dilarang adalah jenis yang tidak sama dengan tahun ini. Pastikan teman-teman men-declare apa-apa saja yang dibawa.

Jika membawa cairan: lotion, parfum, minyak goreng, minyak kayu putih, sabun cair, dll, yang volumenya lebih dari 100 ml, letakkan dalam bagasi. Jangan sertakan mereka dalam tas yg akan teman-teman bawa ke kabin pesawat.

Gunting kuku, cutter, gunting kecil, alat-alat yang memiliki sisi tajam, sendok, garpu, dll (bukan untuk tujuan kriminalitas) letakkan dalam tas/koper yg dibagasikan.

Jika membawa barang yang rentan rusak seperti magicjar, hiasan kaca, atau bahkan yang ingin bawa gelas/piring keramik, beritahulah petugas untuk menandai tas yang mengangkut benda-benda tersebut dengan sticker bertuliskan fragile.

Jika anda suka berinternet, bawalah modem GSM yg unlock (tidak terikat dg suatu provider tertentu). Namun, tidak semua negara mendukung teknologi dari modem yang anda bawa, seperti halnya handphone Indonesia tidak bisa digunakan dibeberapa negara tertentu.

Oke, selamat berpergian ke manapun tujuan negara Anda.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kesan dan pesan nya. Jangan kapok dan sungkan untuk berkunjung kembali :)